Faperta UMK Gelar Workshop Prospek Ubi Kayu

KENDARINEWS.COM – Kendari, Sebagai pelengkap mata kuliah, mahasiswa Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Muhammadiyah (UMK) Kendari menggelar workshop prospek agribisnis ubi kayu yang diselenggarakan  tanggal 26 Juli (kemarin-red). Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Yogyakarta, Prof Dr Rusgianto MPd.

Dekan Faperta UMK Ir Bambang Indro Yuwono menjelaskan pemilihan tema workshop tentang prospek agribisnis ubi kayu di Sultra terkait dengan produksi ubi kayu di daerah ini yang cukup besar. Namun,  yang dipasarkan antar pulau hanya 400 ton per tahun, itu pun dalam bentuk ubi kayu kering (gaplek).

Padahal, beber Bambang Indro Yuwono, berdasarkan data Statistik produksi ubi kayu Sultra mencapai 225 ribu ton, sehingga kalau dijadikan gaplek mestinya hasilnya 500 ribu ton.  Disisi lain, petani singkong disebut petani miskin, sementara prospeknya cukup besar, karena selain dapat dikonsumsi, ubi kayu dapat diolah menjadi BBM nabati yaitu bio etanol yang saat ini sangat dibutuhkan.

“Berdasarkan penjelasan Prof Dr Rusgianto MPd bahwa pihaknya banyak menerima orderan ubi kayu, sehingga dirinya merasa rugi sekali kalau petani ubi kayu Sultra tidak memanfaatkan potensi yang ada, tentunya berpengaruh pada penghasilan yang memadai,” ungkap Dekan Faperta ini.

Pada workshop tersebut dipaparkan pula tekhnologi koalisi cassava (menyambung) yang dapat meningkatkan produksi per pohon, hingga mencapai 10 kg, dibanding produksi ubi kayu di Sultra yang 1 pohonnya hanya 5-6 kg.

“Tekhnologi menyambung sebagian sudah dilakukan petani, tetapi dengan metode tempel samping, beda halnya dengan tekhnologi yang dipaparkan Prof Dr Rusgianto MPd dengan tempel pucuk berusia muda,” jelasnya. (fas/KP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: